Jumat, 14 Februari 2014

Ilmu Sosial Dasar



Pendidikan Tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana – sarjana yang memiliki seperangkat kemampuan seperti kemampuan akademik, kemampuan profesi dan kemampuan pribadi. Pencapaian kemampuan profesi dan kemampuan akademik telah diusahakan melalui mata kuliah keahlian (MKK), yang sudah diberikan oleh perguruan tinggi. Kedua kemampuan tersebut bertujuan untuk memberikan keahlian dalam bidangnya dan kemampuan menerapkan ilmu tersebut kepada masyarakat.
Untuk kemampuan secara pribadi terdapat sekelompok mata kuliah yang disebut Mata Kuliah Dasar Umum, yaitu sebagai berikut :
·         Pancasila
·         Kewiraan
·         Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
·         Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
·         Ilmu Sosial Dasar (ISD)
·         Ilmu Budaya Dasar
Sedangkan Mata Kuliah Dasar Utama memiliki tujuan khusus bagi para sarjana atau lulusan dari Perguruan Tinggi, yaitu :
·         Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yaitu bertindak dan bersikap sesuai seseorang yang memiliki agama dan panutan di dalam dirinya dan dapat menghormati pemeluk agama lain.
·         Berjiwa Pancasila, dengan maksud agar para sarjana dapat memiliki tenggang rasa antar sesama dengan tindakannya sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat di dalam Pancasila dan lebih mendahulukan kepentingan Nasional.
·         Memiliki wawasan tentang Sejarah Perjuangan Bangsa, sehingga dapat memerkuat rasa cinta terhadap Tanah Air.
·         Memiliki wawasan yang komprehensif dengan pendekatan secara menyeluruh di dalam menyikapi serta menghadapi permasalahan dalam ruang lingkup nasional maupun internasional.
·         Memiliki  wawasan  budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat serta dapat berperan aktif untuk meningkatkan kualitas dan melestarikan budaya dan lingkungan alamiahnya.
Tema pokok perkuliahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah
hubungan timbale balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah social.


A.    Pengertian Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori ( fakta, konsep, teori ) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-lapangan sosial, seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan sosial dalam bermasyarakat. Ilmu Pengetahuan Sosial juga mengajarkan kita dalam berinteraksi yang baik dengan masyarakat sekitar. Misalnya, kita harus menghormati orang yang lebih tua, berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, dan bersikap sopan santun.

B.     Tujuan Ilmu Sosial Dasar
§  Memahami dan menyadari akan adanya perbedaan dan permasalahan sosial yang ada di dalam masyarakat.
§  Peka terhadap permasalahan sosial dan aktif untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
§  Menyadari bahwa permasalahan sosial bersifat kompleks dan hanya dapat menyelesaikannya dengan sifat kritis dan tanggung jawab.
§  Menanggulangi masalah dengan memahami jalan pikiran dan saling berkomunikasi kepada para ahli di berbagai macam bidang ilmu pengetahuan lain.


C.    Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial

·         membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat.
·         membekali peserta didik dengan kemapuan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
·         membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian.
·         membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan keterampilan terhadap lingkungan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan.
·         membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembagan kehidupan, perkembangan masyarakat, dan perkembangan ilmu dan teknologi.

D.    3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

§  Ilmu Pengetahuan Alam (natural science). Bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah.
§  Ilmu Pengetahuan Sosial (social science). Bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.
§  Pengetahuan budaya (the humanities). Bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik.


E.     Persamaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

§  Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program            pendidikan/pengajaran.
§  Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.                                         
§  Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

F.     Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

§  Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.        
§  Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
§  Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.


G.    Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Ada 3 (tiga) bahan pelajaran ISD adalah :
1)      Kenyataan-kenyatan sosial yang ada di dalam masyarakat.
2)      Pengertian tentang kenyataan sosial yang dibatasi oleh konsep dasar untuk memelajari masalah-masalah sosial.
3)      Masalah sosial yang timbul dalam masyarakat serta saling terkait.


H.    3 Golongan Bahan Pelajaran Ilmu Sosial Dasar

·         Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
·         Konsep-konsep sosial tentang kenyataan-kenyataan sosial yang dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
·         Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lainnya berbeda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar