Senin, 06 Oktober 2014

Organisasi Perusahaan



ORGANISASI PERUSAHAAN

Pada postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian organisasi perusahaan, arti penting organisasi dalam perusahaan, dan bentuk organisasi perusahaan. Sebelum saya menjelaskan, saya akan memberikan sedikit referensi apa itu pengertian organisasi perusahaan tersebut dari buku dan dari referensi blog.
1.      Organisasi pada dasarnya muncul sebagai system social yang memadukan kegiatan orang-orang  agar bekerja sama untuk mencapai tujuan.  Untuk memahaminya kita perlu mengkaji sejumlah pendekatan. Di antara pendekatan rasional dan pendekatan alamiah yang dalam banyak hal sangat berbeda.
2.      Kata organisasi berasal dari kata latin organum, yang berarti alat, bagian atau komponen-komponen.
3.      Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
4.      Menurut Chester I. Barnard, organisasi adalah suatu system aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
5.      Munculnya Henri Fayol yang berusaha untuk mengemukakan prinsip-prinsip umum universal management menjadikannya pelopor teori organisasi yang dikenal juga sebagai aliran tradisional dasar management.
6.      Organisasi perusahaan adalah suatu rangka dasar yang menjadi tempat orang-orang melangsungkan kegiatannya untuk menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan informasi dan merawat aktiva.
7.      Organisasi perusahaan mencakup susunan staf dan alokasi tugas dan tanggung jawab dalam mengolah data, memasok informasi untuk pembuatan keputusan dan merawat aktiva.
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi perusahaan adalah sebuah system aktivitas kerja sama yang bertugas menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan informasi serta bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

            Bentuk – bentuk organisasi perusahaan :
1.      Perusahaan perorangan
Adalah perusahaan yang dijalankan dan dimodali oleh satu orang sebagai pemilik dan penanggung jawab.

2.      Persekutuan
Perusahaan yang dimiliki oleh 2 orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk mendapatkan tujuan yang sama contohnya memili tujuan mendapatkan laba yang besar.

3.      Perseroan Terbatas
Perseroan Terbatas secara hukum dianggap sebagai suatu badan hukum, terpisah dari individu-individu yang memilikinya. PT didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi atas saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-undang serta peraturan pelaksanaannya.


Arti penting adanya organisasi perusahaan :

Organisasi dalam perusahaan sangatlah penting, karena berdasarkan pengertiannya, organisasi adalah suatu sarana kerjasama untuk menjalankan tugasnya, dengan cara menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Jadi, jika tidak ada organisasi dalam perusahaan, suatu perusahaan tersebut mungkin tidak bisa terlaksana dengan baik karena tidak adanya structural yang dapat membuat perusahaan tersebut menjadi terstruktur dan sukses.




DAFTAR PUSTAKA

pralitaputrinoviari.wordpress.com/2013/04/29/bentuk-bentuk-organisasi-perusahaan/
Sastradipoera, Komaruddin (1994). Pengantar Menejemen Perusahaan. Jakarta: Penerbit PT RajaGrafindo Persada.
Sudarsono, J (1992). Pengantar Ekonomi Perusahaan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Reksohadiprodjo, Sukanto (1984). Dasar-dasar Management. Yogyakarta : Penerbit BPFE Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar