ORGANISASI PERUSAHAAN
Pada postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan
sedikit tentang pengertian organisasi perusahaan, arti penting organisasi dalam
perusahaan, dan bentuk organisasi perusahaan. Sebelum saya menjelaskan, saya
akan memberikan sedikit referensi apa itu pengertian organisasi perusahaan
tersebut dari buku dan dari referensi blog.
1.
Organisasi pada
dasarnya muncul sebagai system social yang memadukan kegiatan orang-orang agar bekerja sama untuk mencapai tujuan. Untuk memahaminya kita perlu mengkaji
sejumlah pendekatan. Di antara pendekatan rasional dan pendekatan alamiah yang
dalam banyak hal sangat berbeda.
2.
Kata organisasi
berasal dari kata latin organum, yang
berarti alat, bagian atau komponen-komponen.
3.
Menurut James D.
Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perikatan manusia untuk mencapai tujuan
bersama.
4.
Menurut Chester
I. Barnard, organisasi adalah suatu system aktivitas kerja sama yang dilakukan
oleh dua orang atau lebih.
5.
Munculnya Henri
Fayol yang berusaha untuk mengemukakan prinsip-prinsip umum universal
management menjadikannya pelopor teori organisasi yang dikenal juga sebagai
aliran tradisional dasar management.
6.
Organisasi
perusahaan adalah suatu rangka dasar yang menjadi tempat orang-orang
melangsungkan kegiatannya untuk menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan
informasi dan merawat aktiva.
7. Organisasi perusahaan mencakup susunan staf dan
alokasi tugas dan tanggung jawab dalam mengolah data, memasok informasi untuk
pembuatan keputusan dan merawat aktiva.
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan
bahwa organisasi perusahaan adalah sebuah system aktivitas kerja sama yang
bertugas menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan informasi serta bekerja
sama untuk mencapai tujuan bersama.
Bentuk
– bentuk organisasi perusahaan :
1. Perusahaan perorangan
2. Persekutuan
Perusahaan
yang dimiliki oleh 2 orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk
mendapatkan tujuan yang sama contohnya memili tujuan mendapatkan laba yang besar.
3. Perseroan
Terbatas
Perseroan
Terbatas secara hukum dianggap sebagai suatu badan hukum, terpisah dari
individu-individu yang memilikinya. PT didirikan berdasarkan perjanjian,
melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi atas saham,
dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-undang serta peraturan
pelaksanaannya.
Arti
penting adanya organisasi perusahaan :
Organisasi
dalam perusahaan sangatlah penting, karena berdasarkan pengertiannya,
organisasi adalah suatu sarana kerjasama untuk menjalankan tugasnya, dengan
cara menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai suatu tujuan yang
sama. Jadi, jika tidak ada organisasi dalam perusahaan, suatu perusahaan
tersebut mungkin tidak bisa terlaksana dengan baik karena tidak adanya structural
yang dapat membuat perusahaan tersebut menjadi terstruktur dan sukses.
DAFTAR PUSTAKA
pralitaputrinoviari.wordpress.com/2013/04/29/bentuk-bentuk-organisasi-perusahaan/
Sastradipoera, Komaruddin (1994). Pengantar
Menejemen Perusahaan. Jakarta: Penerbit PT RajaGrafindo Persada.
Sudarsono, J (1992). Pengantar Ekonomi Perusahaan.
Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Reksohadiprodjo, Sukanto (1984). Dasar-dasar Management.
Yogyakarta : Penerbit BPFE Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar